Pages

Rabu, 26 Desember 2012

Hati-Hati, Skype Palsu Berisi Malware Menyerang Android

 

Sedikit info buat sobat, Skype merupakan sebuah software atau aplikasi dengan teknologi peer to peer yang dapat didownload secara gratis dan dibuat dengan tujuan penyediaan saran komunikasi suara berkualitas tinggi yang murah dan berbasiskan internet untuk semua orang. Saat ini Skype merupakan pesaing terberat Yahoo Messenger yang pada tahun lalu tepatnya tahun 2011, Microsoft berhasil membeli hak kepemilikan software ini dan dikelola sebagai salah satu anak perusahaan mereka.

Malware di Android Menyamar Jadi Skype Palsu

Dilansir oleh beberapa sumber terbaru, para pelaku kejahatan yang memasukkan malware tersebut memang memanfaatkan popularitas atau ketenaran dari aplikasi Skype ini khususnya para pengguna perangkat mobile atau smartphone. Tujuan dari para pembuat malware tersebut tidak lain yaitu berusaha mencuri keuntungan dari para korban yang mendownload dan menggunakan Skype palsu tersebut dimana Trend Micro mengatakan bahwa mereka telah menemukan threat yang bernama JAVA_SMSSEND.AB pada malware tersebut. Hal ini disebabkan karena android memang dikembangkan menggunakan custom version dari bahasa pemrograman Java. Inilah penyebab mengapa pada malware tersebut ditemukan threat yang menggunakan nama Java.

Awal mula malware menyerang android sobat yaitu pertama malware ini menunjukkan installer untuk Skype. Namun sesungguhnya yang terinstall pada android sobat adalah malware buatan para pelaku yang sangat berbahaya. Setelah aplikasi tersebut terinstall, Skype palsu tersebut akan mengirim SMS internasional yang ternyata tarifnya sangat mahal sehingga mampu menghasilkan keuntungan untuk para pembuat malware tersebut.

Masih menurut Trend Micro, para pengguna android tidak perlu khawatir dengan adanya aplikasi Skype palsu yang berisikan malware ini. Ini karena malware yang diselundupkan pada Skype palsu tersebut tidak dibuat dengan baik alias belum sepenuhnya bekerja dengan baik karena hanya dapat beroperasi pada ponsel jenis android yang membolehkan eksekusi Java MIDlet dan tidak seperti aplikasi android lainnya yanng memiliki file .apk pada umumnya.

Menurut Google selaku si empunya android, penyebaran aplikasi Skype palsu yang ternyata berisi malware tersebut yaitu melalui sebuah situs yang digunakan untuk mempromosikan aplikasi palsu tersebut dan diharapkan mampu memikat calon korbannya. Dan ternyata hampir seluruh situs untuk menyebarkan malware tersebut memakai doman .ru (domain negara Rusia) dan sebagiannya menggunakan domain Nigeria (.ne).

Solusi dari permasalahan malware ini yaitu pastikan sobat mendownload aplikasi hanya di app store resmi android, Google Play Store. Hal ini dikarenakan android berbeda dengan smartphone lain seperti iOS dan BlackBerry, dimana para pengguna smartphone maupun tablet PC android dapat mendownload aplikasi dari berbagai sumber.
 
sumber : http://www.priagoenks.com

 

0 komentar:

Poskan Komentar